Jumat, 18 Juli 2014

Membantu Mami buat kue bolu hias

tiap hari mami ku tu selalu aja ada pesanan buat kue bolu, dari yang kue bolu biasa sampai kue bolu hiasan untuk acara pengantin, aku kadang ada juga bantu-bantu mami bikin kue bolu, paling tidak cuman menggang mixer doang. banyak orang yang mengatakan kue buatan mami ku enak, pokoknya cap jempol dech, hehehe. pasti sobat semua penasaran kan, yuk kita teliti sama-sama apa-apa saja bahan-bahannya. cekidot.

bahan-bahan:
6 butir telur
100 gram gula pasir
125 gram tepung terigu
25 gram tepung maizena
15 gram susu bubur, susu encer juga bisa
100 gram margarin di lelehkan

cara membuatnya:
kocok telur dan gula pasir sampai kaku
masukkan tepung terigu, maizena dan susu sambil diayak dan di aduk rata
tuangkan margarin, aduk perlahan
masukkan kedalam loyang 20 cm yang di olesin pake margarin dan ditaburin tepung (boleh tepung terigu atau tepung maizena kalau mami sekarang buat pake tepung terigu) lalu oven kira-kira selama 25 menit dengan suhu 160 derajat celcius
angkat dan selanjutnya kita hias tapi terlebih dahulu cakenya harus didiamkan sampai dingin agar buttercreamnya tidak meleleh waktu kita hias.
mmm lama juga ya nunggunya sampai bolunya ga panas lagi, tuing tuing tuing.
untuk hiasanya pertama kita tutup cake dengan buttercream warna keam, rapikan.
siapkan buttercream warna ungu dan pink untuk mawar
letakkan mawar di bagian tenggah atas
terakhir beri dedaunan di sela mawar lebih lanjutnya bisa lihat cake di bawah ini, ini dia.


kata mamiku biar cakenya ga bantat kita harus perhatikan baik-baik pada saat kita :

memanggang di oven
ketika kue akan dimasukkan ke oven, oven harus dalam keadaan sudah panas. Jadi pada saat mengaduk adonan tepung, nyalakan oven. Karena jika adonan kue dimasukkan ke dalam oven dalam keadaan oven tidak langsung panas maka adonan bisa turun.

cara mengecek kue masak atau belum
jika ingin mengecek kue sudah matang atau belum, tusuk dengan garpu, kalau tidak ada bekas pada garpu maka kue sudah matang. Tapi hindari buka-tutup oven terlalu sering, karena hal ini bisa membuat suhu udara dalam oven jadi tidak stabil. Akibatnya kue yang Anda buat tidak bisa matang dengan sempurna sehingga kue akan jadi bantat. 

Tepung Terigu
Pilih tepung terigu protein tinggi untuk membuat adonan kue (contoh Cakra Kembar ), Tepung terigu yang digunakan harus benar-benar kering dan lembut. Karenanya, Anda harus menjemur tepung terigu terlebih dahulu dan kemudian ayak agar mendapatkan tepung yang lembut. 

Backing Powder harus Segar
saat membuat kue, baking powder berfungsi untuk mengembangkan adonan kue. Karena dikemas dalam wadah plastik yang kering, biasanya orang berpikiran bahwa baking powder ini bisa tahan lama. Padahal, walau belum masuk kadaluarsa, bisa jadi kekuatan baking powder ini tak sekuat dulu. 
Baking powder yang sudah terlalu lama akan membuat kue tidak mengembang. Cek dulu kekuatan dan reaksibaking powder sebelum mencampurkannya ke dalam adonan. Cara mengujinya cukup mudah, masukkan saja sedikit baking powder ke dalam air panas. Jika tidak ada gelembung udara yang terbentuk atau tak ada reaksi sama sekali, berarti baking powder ini sudah tidak berfungsi lagi.  

Pengocokan Telur
pilih telur yang sudah dalam kondisi ruangan, bukan yang baru diambil dari lemari es. Selama proses pengocokkan telur, jangan tambahkan bahan lain sampai adonan benar-benar mengembang atau berubah jadi warna putih. Telur hanya dikocok bersama dengan gula. Setelah mengembang, barulah tambahkan bahan lain.
Kalau lagi me-mixer telurnya kalau bisa jangan sampai terkena air karena telur tidak bisa mengembang. 

Takaran kue
Takaran bahan yang salah juga akan menyebabkan kue menjadi bantat. Maka ikutilah resep yang ada, namun resep yang anda gunakan haruslah sudah benarm jangan hanya resep yang asal-asalan

Semoga bermanfaat  (^_^) 

Tidak ada komentar: